Waspada, ini 5 Penyebab Kematian Paling Umum pada Wanita

Waspada, ini 5 Penyebab Kematian Paling Umum pada Wanita
Ilustrasi wanita. Foto: Pixabay

jpnn.com - Penyakit tak pandang bulu dalam mengincar korbannya. Oleh karena itu, sikap waspada dan terus berupaya untuk menerapkan gaya hidup sehat adalah sebuah hal mutlak yang tidak boleh luput dilakukan, apalagi jika Anda adalah seorang wanita. Ini karena terdapat beberapa penyakit yang menjadi penyebab kematian paling umum pada wanita.

Apa saja penyakit-penyakit yang paling sering membunuh wanita? Berikut 5 di antaranya:

1. Penyakit jantung

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Supaya bisa bekerja dengan baik, sel jantung membutuhkan makanan dan oksigen dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan tersebut dipenuhi oleh pembuluh darah koroner yang mengalirkan darah ke setiap bagian jantung.

Sayangnya, pembuluh darah koroner yang bertugas memberikan makanan dan oksigen pada jantung sering mengalami sumbatan akibat gaya hidup dan pola makan yang buruk. Alhasil, aliran darah pada otot jantung mengalami gangguan hingga akhirnya rusak dan gagal memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Kanker

Kanker merupakan penyakit yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh. Secara normal, sel tubuh manusia akan berkembang dengan cara yang tetap. Akan tetapi, akibat hal-hal yang hingga saat ini masih menjadi misteri, sel tubuh bisa bertumbuh secara tidak terkontrol hingga akhirnya membentuk sel kanker.

Jenis kanker yang paling sering menyerang wanita adalah kanker payudara, kanker endometrium, kanker usus besar, kanker paru, dan kanker serviks.

Semua penyakit tersebut bisa menjadi bahan renungan, khususnya bagi wanita. Lihat ke dalam diri, tanya, dan introspeksi apakah selama ini Anda sudah menyayangi dan menjaga tubuh dengan baik.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News