Waspada, Sering Tidur Terlalu Lama 6 Penyakit ini Mengintai Kesehatan Anda

Waspada, Sering Tidur Terlalu Lama 6 Penyakit ini Mengintai Kesehatan Anda
Tidur tengkurap. Foto: Pixabay

jpnn.com - Jika Anda mempunyai kebiasaan tidur jauh melebihi durasi normal 7-8 jam, beberapa penyakit serius ini mungkin akan menghampiri Anda. Karena itu, Anda harus waspada efek samping serius ini.

1. Diabetes

Sebuah penelitian di Kanada mengamati kebiasaan gaya hidup 276 orang selama enam tahun. Mereka menemukan, orang dengan durasi tidur yang panjang atau pendek lebih rentan mengalami gangguan diabetes dibandingkan dengan orang yang memiliki jam tidur normal.

2. Obesitas

Sebuah studi terbaru menunjukkan, orang yang tidur selama 9 atau 10 jam setiap malam 21 persen lebih mungkin menjadi gemuk daripada orang yang tidur antara 7-8 jam. Namun begitu, peneliti masih mengkaji lebih jauh hubungan antara tidur dan obesitas.

3. Sakit kepala

Sakit kepala kerap terjadi saat Anda terlalu banyak tidur. Para peneliti percaya bahwa ini disebabkan oleh tidur berlebihan pada neurotransmitter tertentu di otak, termasuk serotonin. Orang yang tidur terlalu banyak di siang hari dan mengganggu tidur malamnya juga menderita sakit kepala di pagi hari.

4. Sakit punggung

Mulai saat ini, benahi pola tidur Anda. Bila saat ini Anda masih sering tidur terlalu lama, mulai kurangi kebiasaan tersebut secara bertahap.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News