Waspadai Efek Samping dari Minum Air Kelapa

Waspadai Efek Samping dari Minum Air Kelapa
Kelapa muda. Foto Stock Photo

jpnn.com - Air kelapa khususnya dari kelapa muda, kini makin banyak diminati semua kalangan. Air kelapa punya rasa yang menyegarkan, yang bisa menghilangkan dahaga setelah beraktivitas berat atau kepanasan. 

Selain untuk mengusir rasa haus, air kelapa dengan segala khasiatnya dapat membawa kebaikan untuk kesehatan tubuh.

Meski sehat, tentu saja tetap ada efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari Very Well Fit, dalam jangka pendek, mengonsumsi air kelapa yang tinggi akan kandungan potasiumnya dapat mengakibatkan kelebihan potasium dalam tubuh. Kondisi disebut sebagai hiperkalemia.

Orang-orang dengan kondisi medis tertentu (seperti penyakit ginjal, diabetes, cystic fibrosis, atau tekanan darah rendah) dan mereka yang berisiko terhadap ketidakseimbangan elektrolit tak boleh minum terlalu banyak air kelapa.

Air kelapa juga tidak dianjurkan untuk dijadikan pengobatan alternatif untuk mengobati dehidrasi, terutama yang disebabkan oleh diare. Mereka yang mengalami dehidrasi parah harus segera mencari bantuan medis.

Meski air kelapa menyegarkan dan menawarkan kebaikan untuk tubuh lewat kandungan nutrisinya, tapi menurut hasil penelitian khasiatnya tak lebih baik dibandingkan air putih, khususnya untuk pengganti cairan yang hilang pascaberolahraga.

Anda pun tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan untuk menghindari penumpukan potasium dalam tubuh. Namun untuk tujuan hidrasi tubuh, tetap prioritaskan cukup minum air putih.(RN/RVS/klikdokter)


Meski minum air kelapa sehat, tentu saja tetap ada efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News