Wayang Ajen Go Digital Hipnotis Ribuan Penonton di Tasikmalaya

Wayang Ajen Go Digital Hipnotis Ribuan Penonton di Tasikmalaya
Arief Yahya. Foto: Kemenpar

jpnn.com, TASIKMALAYA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama dengan Pemda Tasikmalaya sukses menggelar Pagelaran Wayang Ajen dengan tema Pertunjukan Spektakuler Wayang Ajen di Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya, 11 Agustus 2017.

Ada yang anti-mainstream dalam pertunjukan kali ini. Bukan dengan layar putih yang lebar tapi dengan go digital.

Seluruh kemampuannya ditampilkan dalam layar LED ukuran 4x6 meter yang mengundang decak kagum lebih dari tujuh ribu penonton yang menyaksikannya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengatakan, wayang ajen menggunakan go digital merupakan jurus jitu Menpar Arief Yahya yang disampaikan dalam pertunjukan dengan kemasan yang menarik perhatian penonton.

 “Semua dikemas dengan lakon menarik. Ini bukan sekadar pentas, tapi pesan moral yang disampaikan. Inilah esensi pertunjukan wayang sebagai tontonan dan tuntunan, tontonan yang lebih menarik yang mampu mengikat penonton dengan sajian kemasan unsur-unsur pertunjukannya serta dalang mampu menyampaikan tema lakon dan pesan moral,” kata Esthy.

Esthy menambahkan, kegiatan ini adalah salah satu dari upaya Kemenpar untuk mendongkrak kunjungan wisata budaya, khususnya di Kota Tasikmalaya. "Kelebihan Wayang Ajen dibanding pertunjukan wayang pada umumnya yaitu dari sisi teknologi. Wayang Ajen sudah go international, sudah mengibarkan karya budaya Merah Putih di 51 negara, dengan  pertunjukan ini, kami harapkan kunjungan wisata budaya ke Tasikmalaya meningkat," lanjutnya.

Dalam Pagelaran kali ini, Wawan Gunawan atau lebih dikenal Ki Dalang Wawan Ajen menampilkan lakon Jiwa Sang Satria.

Tokoh lakon yang diangkat jiwa keteladanan Gatotkaca putra Bima keluarga Pandawa, yang menyampaikan pesan moral tentang jiwa luhur, jiwa pemberani, jiwa Sang Kesatria yang disimbolkan memberantas berbagai permasalahan kejahatan yang meresahkan masyarakat.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama dengan Pemda Tasikmalaya sukses menggelar Pagelaran Wayang Ajen dengan tema Pertunjukan Spektakuler Wayang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News