Wirdjo, sang Pembunuh Belasan Orang, Sungguh Mengerikan!

Wirdjo, sang Pembunuh Belasan Orang, Sungguh Mengerikan!
Sutedjo menunjukkan makam alm Wirdjo di Lingkungan Watubuncul, Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri, Banyuwangi. Foto: NIKLAAS ANDRIES/RADAR BANYUWANGI

jpnn.com - Tragedi pembunuhan belasan orang dan melukai puluhan orang oleh pelaku tunggal Wirdjo pada April 1987 silam, jadi salah satu lembaran hitam sejarah Banyuwangi, Jatim.

Tidak banyak referensi peristiwa kelam 30 tahun silam itu. Kini, pihak keluarga Wirdjo lebih terbuka menceritakan sosok dan sisi lain lakon tragedi menakutkan itu.

NIKLAAS ANDRIES, Banyuwangi

LINGKUNGAN Watu Buncul, di Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri, Banyuwangi memang asri. Di tengah himpitan perkembangan permukiman, kampung ini masih menyimpan potensi alam yang asli.

Aliran air di sungai tampak jernih. Pematang sawah sejauh mata memandang cukup mampu menyejukkan mata.

Di tengah keelokan alam yang dimilikinya itu, daerah ini menyimpan cerita kelam di tahun 1987. Persisnya pada medio April 30 tahun lalu.

Tragedi berdarah yang cukup menghebohkan masyarakat Banyuwangi dimulai dari tempat ini. Puluhan orang menjadi korban pembacokan, belasan orang di antaranya pun harus meregang nyawa.

Sosok fenomenal kala itu tertuju pada sosok pemuda kampung yang kemudian terkenal seantero Banyuwangi. Wirdjo namanya. Usianya saat itu masih sekitar 35 tahun.

Tragedi pembunuhan belasan orang dan melukai puluhan orang oleh pelaku tunggal Wirdjo pada April 1987 silam, jadi salah satu lembaran hitam sejarah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News