Wisata Mata Air Keramat, Harus Ucapkan Salam Biar Selamat

Wisata Mata Air Keramat, Harus Ucapkan Salam Biar Selamat
Pemuda anggota Pokdarwis Desa Pesanggrahan menunjukkan sumber mata air Lingkoq Lunggu. Foto: Toni/Lombok Post/JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK - Namanya saja Air Mata Keramat. Sumber air ini dipercaya memiliki kekuatan magis yang bisa menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh ilmu gaib.

Letaknya di Desa Pesanggrahan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain dikenal kampung wisata yang memiliki keindahan pesona alam juga memiliki tradisi unik dengan adanya mata air Lingkoq Lunggu.

Seperti apa? Berikut laporan Hamdani Wathoni, wartawan Lombok Post (Jawa Pos Group):

Ada tradisi memandikan benda pusaka milik dari Kerajaan Selaparang. Nama benda tersebut disebut dengan Penjenengan yang disimpan di rumah adat.

Tradisi ini selain memiliki nilai historis juga sarat dengan nilai kultural nan sakral.

Sebab benda pusaka itu tidak bisa dimandikan di sembarang tempat saja, melainkan hanya khusus di mata air Lingkoq Lunggu.

Tradisi ini ke depannya akan diperkenalkan masyarakat Pesanggrahan kepada seluruh dunia.

"Kami punya tradisi di sini. Setiap Bulan Maulid, kami akan mencuci sebuah benda pusaka yang dipercaya sebagai peninggalan Kerajaan Selaparang. Namanya Penjenengan yang disimpan di rumah adat,” kata Kepala Desa Pesanggrahan Badrun seperti dilansir Lombok Post (Jawa Pos Group).

Namanya saja Air Mata Keramat. Sumber air ini dipercaya memiliki kekuatan magis yang bisa menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh ilmu gaib.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News