Wonderful Indonesia, Labuan Bajo Semakin Sadar Wisata

Wonderful Indonesia, Labuan Bajo Semakin Sadar Wisata
Komodo di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Foto: Kemenpar

jpnn.com, LABUAN BAJO - Labuan Bajo yang kini menjadi salah satu destinasi utama wisatawan versi Kementerian Pariwisata terus berbenah. Warga di destinasi yang pernah dikunjungi Valentino Rossi dan Gwyneth Paltrow semakin sadar akan turisme.

Kini, Labuan Bajo memang terus bersolek dengan infrastruktur penunjang pariwisata. Di samping itu, ada juga Gerakan Sadar Wisata yang langsung menyentuh masyarakat.

Soft skill masyarakat dalam hal keramahtamahan, kultur menerima tamu hingga kebersihan, kerapian, kesehatan lingkungan ditularkan ke masyarakat Labuan Bajo melalui Gerakan Sadar Wisata.

Soal kualitas, keunikan dan kehebatan, Labuan Bajo memang tak perlu diragukan lagi. Beberapa hari lalu, komodo yang menjadi ikon melekat bagi Labuan Bajo bahkan dipajang di Google Doodle.

Pesonanya sudah membius banyak para pesohor dunia. Rinca, Wae Rebo hingga Ende yang punya Danau Kelimutu, Alor hingga Larantuka, jadi ikut ngetop lantaran lokasinya tak jauh dari Labuan Bajo. "Semua bagus-bagus, semua layak disebut kelas dunia!" ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya belum lama ini.

Akses ke Labuan Bajo pun kini kian mudah. Arief sudah mengantongi komitmen dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menaikkan status Bandara Komodo.

Tentu ini kabar baik dari Kementerian Perhubungan yang selama ini banyak mendukung kepariwisataan dari sisi akses. Landasannya diperpanjang dan diperlebar sebagai syarat bisa didarati pesawat-pesawat langsung dari negara originasi.

Saat ini Bandara Komodo mampu melayani rata-rata 600 orang per hari. Kapasitasnya pun akan terus dinaikkan untuk memenuhi target 500 ribu wisman per tahun pada 2019. Amenitasnya juga tengah dikebut.

Labuan Bajo yang kini menjadi salah satu destinasi utama wisatawan versi Kementerian Pariwisata terus berbenah. Warga di destinasi yang pernah dikunjungi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News