Wow Banget! Mudik 2017, Ruas Tol Dibuka Hingga Ngaliyan

Wow Banget! Mudik 2017, Ruas Tol Dibuka Hingga Ngaliyan
Persiapan jelang arus mudik 2017. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengejar pekerjaan jalan yang akan digunakan sebagai jalur mudik 2017. Khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

Untuk Pulau Jawa, Kementerian PUPR ngebut menyelesaikan proyek jalan tol Pantura yang akan menghubungkan ibu kota Jakarta dengan kota-kota di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Setelah tahun lalu membuka ruas tol hingga Brebes, tahun ini, Kementerian PUPR berencana membuka ruas tol hingga Ngaliyan di Semarang.

”Kami mengupayakan untuk fungsional sampai Ngalian di Semarang. Sehingga lalu lintas tadi bisa terdistribusi. Tidak mengumpul di satu titik,” kata Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Herry TZ.

Sejalan dengan itu, jalan nasional yang akan mendukung jalan tol tersebut pun dibenahi agar para pemudik bisa melakukan perjalanan dengan nyaman.

Kementerian PUPR yakni empat jembatan layang (overpass) jalur Pantura akan bisa digunakan pada musim mudik 2017.

Jembatan layang tersebut yaitu, Jembatan Layang Dermoleng dan Kretek di Brebes dan Jembatan Layang Klonengan dan Kesambi di Tegal, Jawa Tengah. Empat jembatan layang tersebut difungsikan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di jalur Pantura.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah VII Herry Marzuki mengatakan bahwa hingga saat ini, proses pembangunannya masih berlangsung dan diharapkan akan selesai pada Juni mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News