Wow! Makan Bawang Ternyata Banyak Manfaatnya Lho

Wow! Makan Bawang Ternyata Banyak Manfaatnya Lho
Bawang Merah. Foto: JPG

jpnn.com - Bawang menjadi salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan. Kebanyakan dari kita hanya mengetahui manfaat bawang hanya sebatas sebagai bahan bumbu atau penyedap makanan. Namun, ternyata bawang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ini lima manfaat makan bawang bagi tubuh anda:

1. Kekebalan tubuh
Satu siung bawang merah memiliki kadar vitamin C sebesar 15-20 persen. Cukup untuk kebutuhan asupan harian vitamin C orang dewasa. Vitamin C yang terkandung dalam bawang merah dipercaya dapat menangkal berbagai penyakit dan menjaga imunitas tubuh.

2. Sembuhkan peradangan
Bawang memiliki senyawa unik bernama quercetin yang dapat menyembuhkan peradangan. Bawang juga memiliki senyawa sulfur yang dapat melindungi tubuh dari serangan kanker dan dapat menghilangkan stress dari faktor lingkungan, seperti kerusahan UVB.

3. Baik untuk kesehatan usus
Bawang mengandung serat prebiotik yang membantu melancarkan pencernaan dan membantu meningkatkan penyerapan mineral, termasuk kalsium, magnesium dan besi.

4. Sebagai menu diet
1 porsi bawang seberat 75gr hanya menyediakan 25 kalori. Tak heran jika bawang merah merupakan pilihan tepat untuk diet.

5. Menjaga kesehatan jantung
Bawang merah ternyata mengandung flavonoid, yaitu jenis antioksidan yang terbukti mengurangi resiko penyakit jantung. (mia/pojoksatu)


Bawang menjadi salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan. Kebanyakan dari kita hanya mengetahui manfaat bawang hanya sebatas sebagai bahan bumbu


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Pojoksatu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News