Ya Ampun, Gaji Guru Honorer Baru Dibayar Sekali

Ya Ampun, Gaji Guru Honorer Baru Dibayar Sekali
Guru sedang mengajar di kelas. Foto: ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK/JPNN.com

jpnn.com, TERNATE - Nasib guru honorer di Provinsi Maluku Utara sungguh menyedihkan. Pasalnya, dari Januari-Juli 2017, gaji mereka baru dibayarkan satu bulan, yakni Januari.

Komisi IV DPRD Malut meminta Pemprov Malut agar segera membayarkan gaji guru honor itu.

"Bagaimana ceritanya, kalau hanya dibayarkan satu bulan. Pemerintah tidak bernurani," kata Ketua Komisi IV Farida Djama, Jumat (21/7).

Farida mengatakan, pihaknya telah berulang kali mendesak Dinas Pendidikan (Dikbud) untuk segera memproses.

Kata dia, memang pihak Dikbud sudah melakukan pengajuan ke Badan Pengelolaan Pendapatan dan Keuangan Daerah (BPPKAD), namun hanya bisa dibayarkan satu bulan.

Pihak BPPKAD sendiri beralasan tidak mampu mengakomudir karena masih fokus membayar gaji ke-13.

"Kan anggaranya sudah ada, kenapa ditahan lagi. Ini juga sangat mendesak. Kalau gaji ke-13 saja dipandang sangat penting kenapa guru honor tidak dianggap penting. Padahal mereka (guru honor, red), juga bekerja dan melayani masyarakat," tukasnya.

Dia mengatakan, pemerintah jangan menganggap remeh atau memandang sebelah mata terhadap guru honor. Mereka (guru honor,red) secara tidak langsung menutupi kekurangan pemerintah.

Nasib guru honorer di Provinsi Maluku Utara sungguh menyedihkan. Pasalnya, dari Januari-Juli 2017, gaji mereka baru dibayarkan satu bulan, yakni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News