Yu Djum Sang Legenda Kuliner Gudeg Jogja Telah Berpulang

Yu Djum Sang Legenda Kuliner Gudeg Jogja Telah Berpulang
Foto/ilustrasi: Radar Jogja

jpnn.com - SLEMAN – Warga Yogyakarta  kembali berduka. Setelah belum lama ini ditinggal oleh legenda komik, Harya “Hasmi” Suryaminata, warga Yogyakarta kehilangan legenda kuliner Yu Djum.

Salah satu pemilik usaha warug gudeg itu meninggal dunia sekitar pukul 18.00 di usia 85 tahun, Senin (14/11). Tetangga almarhumah, Kusnanto, ditemui di rumah duka di Mbarek, Caturtunggal, Sleman, mengatakan, Yu Djum sakit komplikasi dan sudah beberapa kali masuk rumah sakit.

Meninggalnya Yu Djum pun membuat para tetangganya merasa sangat kehilangan. ”Warga sangat kehilangan karena Yu Djum dikenal terkenal baik di lingkungan sekitar,” ujarnya seperti diberitakan Radar Jogja.

Kusnanto menuturkan, bisnis gudeg yang didirikan oleh pemilik nama asli Djuhariah itu merupakan usaha gudeg tertua di Jogja. Kesuksesannya tidak lantas membuat Yu Djum hidup bermegah-megah. ”Beliau tetap sederhana,” katanya.

Selain itu, sosok Yu Djum juga peduli dengan para pegawainya. Bahkan, saat Yu Djum meninggal, seluruh pegawainya justru sedang berekreasi di Bandung.

“Seluruh karyawan sedang ke Bandung untuk rekreasi. Begitu diberitahu berita duka, mereka langsung kembali lagi ke Jogja,” ungkapnya.

Menantu Yu Djum, Tri Widodo menuturkan, ibu mertuanya sempat dirawat di Rumah Sakit Bethesda selama tiga hari. Namun, kondisinya sempat drop dan ditangani oleh dua dokter.

”Takdir berkata lain,” katanya seraya menambahkan, almarhumah akan dimakamkan di Karangmalang pada hari ini.(cr1/ila/ong)


SLEMAN – Warga Yogyakarta  kembali berduka. Setelah belum lama ini ditinggal oleh legenda komik, Harya “Hasmi” Suryaminata,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News