Yuk Berhenti Mengeluh dengan Tips Sederhana ini

Yuk Berhenti Mengeluh dengan Tips Sederhana ini
Stres. Foto: Pixabay

jpnn.com - Terkadang, Anda tidak bisa berhenti mengeluh saat melihat piring kotor telah menumpuk di wastafel atau rekan kerja Anda yang menjengkelkan itu lupa melakukan bagian persiapan pertemuannya lagi.

Akhirnya, Anda mengalah dan mengeluh.

"Bagian dari gangguan Anda mungkin karena sesuatu yang disebut bias negatif," kata pakar kebahagiaan, Gretchen Rubin, seperti dilansir laman NBC, Kamis (20/7).

"Kita semua memiliki kecenderungan alami untuk fokus pada interaksi negatif atau ketidaknyamanan daripada lebih memperhatikan hal-hal positif," jelas Rubin.

"Itulah sebabnya mengapa kita perlu melakukan intervensi dan mengalihkan perhatian kita," tambah Rubin.

Satu tips penting, kata Rubin cobalah gunakan rasa syukur untuk mengusir frustrasi Anda.

Jika Anda merasa ingin mengeluh tentang seseorang, kenapa tidak mencoba mencari alasan untuk merasa berterima kasih kepada orang itu.

Misalnya, jika atasan Anda terus memberi tugas-tugas pada menit-menit terakhir, daripada alih-alih mengeluh, kenapa tidak mencoba merasa bersyukur atas kepercayaan yang diberika bos terhadap kemampuan Anda.

Terkadang, Anda tidak bisa berhenti mengeluh saat melihat piring kotor telah menumpuk di wastafel atau rekan kerja Anda yang menjengkelkan itu lupa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News