Yuk Lawan Diabetes dengan Olahraga Berikut

Yuk Lawan Diabetes dengan Olahraga Berikut
Olahraga. Foto HealthyCare

jpnn.com - Tidak sedikit penderita diabetes yang masih malas berolahraga. Padahal, olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk melawan kenaikan gula darah. Tidak hanya itu, sudah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat berolahraga untuk penderita diabetes.

Latihan jasmani membantu meningkatkan kinerja reseptor insulin terhadap hormon insulin. Dengan begitu, gula darah bisa dengan mudah masuk ke dalam sel darah.

Sebetulnya, baik menderita diabetes atau tidak, olahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, sekaligus menurunkan risiko kegemukan. Hanya saja, bagi penderita penyakit tertentu, jenis, frekuensi, dan intensitas olahraganya mesti disesuaikan dengan baik supaya tidak menjadi bumerang.

Dilansir dari Diabetes.co.uk, pada dasarnya, fungsi utama dari olahraga bagi penderita diabetes adalah untuk meningkatkan sensitivitas terhadap insulin secara alami. Selain itu, dr Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, juga menambahkan, bahwa dengan berolahraga sebanyak lima kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit, penderita diabetes juga bisa mencapai berat badan yang ideal. Sehingga, risiko terjadinya komplikasi bisa diturunkan.

Beberapa jenis olahraga yang disarankan oleh dr. Alvin antara lain berjalan santai dan berenang. Selain itu, olahraga lain yang juga dianjurkan adalah basket, bersepeda, sepak bola, golf, hiking atau trekking, tenis, yoga, atau beberapa jenis olahraga ekstrem.

Jenis olahraga memengaruhi efek terhadap gula darah

Ya, beda jenis olahraganya, beda pula efek terhadap gula darahnya. Sebagai contoh, saat Anda melakukan jalan cepat ataupun joging, kadar glukosa darah biasanya cenderung langsung menurun.

Beda halnya dengan berlari kencang atau aktivitas fisik lainnya yang melibatkan tubuh bagian atas. Saat Anda melakukan olahraga tersebut, umumnya terjadi peningkatan kadar gula darah terlebih dulu. Barulah usai beraktivitas, kadar gula darah akan menurun dengan sendirinya.

Latihan jasmani membantu meningkatkan kinerja reseptor insulin terhadap hormon insulin. Dengan begitu, gula darah bisa dengan mudah masuk ke dalam sel darah.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News