Yuk Sayangi Jantung dengan Konsumsi Makanan ini

Yuk Sayangi Jantung dengan Konsumsi Makanan ini
Serangan Jantung. ILUSTRASI. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - Serat identik dengan kesehatan pencernaan. Tak banyak yang tahu bahwa konsumsi serat juga bisa membantu mencegah penyakit jantung.

Seiring dengan kesibukan, banyak orang abai dengan pola makannya sehingga mudah mengalami risiko penyakit jantung. Dan kini penyakit jantung juga mengincar generasi muda, tak hanya orang tua.

Salah satu pola makan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan rutin mengonsumsi serat. Serat adalah bahan makanan yang berasal dari sel tumbuhan yang bisa dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat, dengan sifat yang tidak dapat dipecah oleh enzim di dalam saluran pencernaan.

Terdapat dua jenis serat yang perlu Anda konsumsi setiap hari, yaitu:

1. Serat pangan yang larut dalam air (soluble fiber).

Serat yang larut dalam air dapat menyerap air selama pencernaan, sehingga membantu mengeluarkan feses dan mengurangi kadar kolesterol darah. Jenis serat ini bisa ditemukan pada sayur-sayuran, buah-buahan (seperti apel, jeruk, dan anggur), kacang-kacangan, dan gandum.

2. Serat pangan tidak larut dalam air (insoluble fiber).

Serat pangan tidak larut tidak berubah selama di dalam pencernaan dan membantu pergerakan usus. Jenis serat ini bisa itemukan pada kacang polong, susu kedelai, beras cokelat, dan produk olahan gandum.

Seiring dengan kesibukan, banyak orang abai dengan pola makannya sehingga mudah mengalami risiko penyakit jantung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News