Zakat Tahun Ini Capai Rp 73,85 Miliar

Zakat Tahun Ini Capai Rp 73,85 Miliar
Berapa besaran zakat fitrah dengan uang? Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mencatatkan pengumpulan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) sebesar Rp 73,85 miliar selama Ramadan 1440 Hijriah.

Jumlah tersebut meningkat 39,3 persen dari Ramadan tahun lalu sebesar Rp 53 miliar.

Menurut perhitungan Baznas, pengumpulan di bulan Ramadan meningkat 405 persen dibanding pengumpulan yang sama di bulan-bulan lainnya sepanjang tahun yang rata-rata Rp 18 miliar per bulan.

BACA JUGA : Berapa Besaran Zakat Fitrah dengan Uang? Ini Penjelasan Baznas

Direktur Utama Baznas M. Arifin Purwakananta mengatakan, peningkatan pengumpulan zakat Baznas ini juga dirasakan Baznas provinsi dan Baznas kabupaten/kota dalam persentase yang berbeda.

Pencapaian itu didapat dari empat strategi kanal. Yakni 42 persen dari pengumpulan ZIS ritel, 25 persen dari unit pengumpul zakat, 15 persen zakat perusahaan dan csr, serta 18 persen zakat digital.

"Peningkatan pembayaran zakat melalui kanal digital Ramadan ini naik tajam, yakni sebesar 180 persen," katanya.

Arifin menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia atas kepercayaannya kepada Baznas yang meningkat dari tahun ke tahun.

n, Baznas dalam tiga tahun terakhir gencar mengampanyekan kerja-kerja dan mendorong transparansi ke masyarakat atas pengelolaan dana zakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News