Zat Kimia Dalam Lipstick Bahaya Bagi Jantung

Zat Kimia Dalam Lipstick Bahaya Bagi Jantung
Zat Kimia Dalam Lipstick Bahaya Bagi Jantung
CALIFORNIA - Para peneliti di Universitas California mengungkapkan, kandungan zat kimia dalam pemerah bibir (lipstick) bagi wanita ternyata berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, zat bernama triclosan yang ada di dalam pemerah bibir biasa digunakan dalam produk rumah tangga yang dapat menyebabkan masalah jantung dan otot.

Triclosan banyak ditemukan dalam berbagai produk seperti lipstik, sabun wajah dan pasta gigi. Penggunaan triclosan tidak berarti aman, karena zat kimia ini nyatanya dapat menghambat otot dan jantung menerima sinyal dari otak. "Efek triclosan pada jantung ternyata sungguh dramatis," ujar Profesor Nipavan Chiamvimonvat dari Universitas California sebagaimana dikutip Redorbit.

Hal ini diyakini setelah peneliti melakukan tes pada tikus dan melihat adanya penurunan  dramatis fungsi jantung hinga 25 persen setelah 20 menit terpapar triclosan. Para peneliti mengatakan bahwa penelitian mereka menunjukkan ada "bukti kuat" bahwa zat kimia pada kosmetik dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

Sementara regulator makanan dan obat Amerika, FDA, menyebut adar triklosan dalam produk kosmetik tetap aman. Alasannya, karena dosis yang disuntikkan pada tikus untuk uji coba lebih tinggi dari yang terpapar pada manusia.

CALIFORNIA - Para peneliti di Universitas California mengungkapkan, kandungan zat kimia dalam pemerah bibir (lipstick) bagi wanita ternyata berbahaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News