Zein: KNPI Harus jadi Alat Pemuda Menyuarakan Persatuan

Zein: KNPI Harus jadi Alat Pemuda Menyuarakan Persatuan
Zein While. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Forum Intelektual Muda Nusantara Zein While mengatakan, Komite Nasional Pemuda Indonesia atau KNPI sebagai wadah pemuda harus bisa menjadi perwujudan dari keragaman di Indonesia.

Menurutnya, KNPI harus mampu memosisikan heterogenitas menjadi sebuah potensi. “Menjadikan potensi diversity sebagai sebuah kekuatan besar, hanya bisa terjadi apabila ada ruang yang adil untuk semua kelompok, untuk ikut memberikan sumbangsih nyata bagi kelempok heterogen tersebut, atau singkatnya dengan kolaborasi,” ujar Zein, Selasa (18/12).

Kehendak untuk turut menjaga keragaman dalam ikatan kesatuan perlu ditenun dengan kolaborasi karya, kolaborasi gagasan, kolaborasi ide dan perspektif. “Dengan meramu semua potensi perbedaan menjadi satu hidangan karya bersama maka akan terwujud suatu persatuan hakiki,” katanya.

Sebagai contoh karya master piece para founding father bernama Pancasila, didahului dengan kolaborasi gagasan mereka yang berbeda. KNPI sebagai kendaraan pemuda Indonesia harus mengadopsi secara kontektual bentuk kolaborasi itu sebagai haluan ke depan, karena dengan kolaborasi pemuda Indonesia akan selalu menghasilkan kreasi.

Realitas kebangsaan hari ini yang mengalami banyak ancaman juga harus menjadi concern dari KNPI. “Jurang perbedaan yang semakin menganga harus secepatnya dijembatani oleh pemuda Indonesia sebagai aset masa depan bangsa,” ungkapnya.

Ancaman ini harus mampu dikonversi menjadi tantangan KNPI sebagai alat pemuda untuk terus menyuarakan persatuan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan terus mendorong pemuda berinovasi dalam kreasi.

“Hal ini juga akan menjawab tantangan kemajuan global yamg semakin cepat untuk keperluan internal KNPI, demi mempertahankan eksistensinya sebgai wadah bersatunya pemuda indonesia,” pungkas Zein. (adk/jpnn)


KNPI harus mampu memosisikan heterogenitas menjadi sebuah potensi kekuatan besar.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News