Ziarah ke Makam Bu Ani, SBY Membawa Anggrek Ungu dan Bunga Berwarna Merah, Begini Maknanya

Ziarah ke Makam Bu Ani, SBY Membawa Anggrek Ungu dan Bunga Berwarna Merah, Begini Maknanya
Keluarga besar Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono saat ziarah ke makam Ani Yudhoyono, Rabu (5/6). Mereka kompak mengenakan batik hitam bermotif sawunggaling yang dipilih oleh Bu Ani. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Momen Hari Raya Idulfitri 1440 hijriah masih menyisakan duka mendalam bagi keluarga besar Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono. Sebab belum lama ini istrinya Kristiani Herrawati alias Ani Yudhoyono baru saja berpulang ke pangkuan Tuhan.

Tepat di hari lebaran pertama, SBY beserta keluarga menyempatkan diri untuk ziarah ke makam istrinya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, Rabu (5/6) kemarin. SBY tampak datang bersama dua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Tampak pula kedua menantu SBY, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa Baskoro Yudhoyono.

BACA JUGA: Hebat! Posal Tabanio Sukses Menggagalkan Transaksi Narkoba di Dermaga

Turut hadir cucu-cucu SBY. Kemudian beberapa kader Partai Demokrat yang merupakan partai besutan SBY seperti Putu Supadma Rudana, Amir Syamsuddin, juga Hinca Pandjaitan.

“Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir batin. Teman-teman wartawan mohon maaf lahir batin,” ucap SBY menyapa warga dan awak media.

Dalam ziarah kali ini, SBY beserta keluarga terlihat memakai kemeja batik berwarna hitam dengan corak cokelat. Sedangan kedua menantunya menjadikan batik itu sebagai rok. Setelah ditelisik, bahan batik yang digunakan merupakan kain yang dipakai sebagai penutup jenazah almarhum Ani saat menghembuskan nafas terakhir di Singapura.

Acara kemudian berlanjut dengan berdoa bersama. Masih tampak rasa cinta yang begitu mendalam dari mata SBY. Dia sesekali mengusah-usap batu nisan istrinya. Begitu pula dengan AHY dan Ibas. Momen haru juga terjadi di samping pusaran Ani Yudhoyono. Di situ bersemayam istri Presiden RI ketiga, BJ Habibie, Hasri Ainun. Makamnya juga dipenuhi oleh keluarga yang melayat.

Sebagai bentuk kasih sayangnya dan juga perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, SBY pun menaruh bunga anggrek berwarna ungu di atas makam istrinya. Dalam kesempatan berziarah hari ini ke makam mendiang Ani, Ketua Umum Partai Demokrat itu pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah mendoakan dan telah hadir untuk berziarah ke makam mendiang istri tercintanya.

Tepat di hari lebaran pertama, SBY beserta keluarga menyempatkan diri untuk ziarah ke makam istrinya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, Rabu (5/6) kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News