Zuckerberg Diminta Turun dari Pimpinan Facebook

Zuckerberg Diminta Turun dari Pimpinan Facebook
Mark Zuckerberg. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com -Kursi pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg mulai digoyang. Para pemegang saham ingin Zuckerberg mundur dari dewan direksi, tempat yang sudah dia duduki sejak 2012.

Mereka ingin sosok yang lebih independen sebagai penggantinya. Menurut Yahoo News, proposal yang meminta Zuckerberg lengser dari dewan direksi ini sudah disodorkan secara resmi.

Usulan penggantian Zuckerberg ini disuarakan oleh pemegang saham yang juga anggota kelompok SumOfUs, komunitas online yang fokus menyerukan agar perusahaan-perusahaan besar menangani berbagai isu global, seperti korupsi, HAM, perubahan iklim, hak karyawan hingga diskriminasi.

Kelompok yang ingin mengganti Zuckerberg itu ingi sosok pengganti adalah orang yang lebih independen, agar bisa mengawasi eksekutif perusahaan dan lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Pihak Facebook sendiri belum mengeluarkan tanggapan atas usulan penggantian Zuckerberg dari dewan direksi. Namun sejumlah laporan mengungkap bahwa kecil kemungkinannya Facebook memenuhi tuntutan proposal ini.

Zuckerberg memiliki porsi saham terbesar dan hingga saat ini masih menjadi tulang punggung utama perusahaan mendapatkan investor. Memiliki CEO sekaligus dewan direksi sebenarnya bukan hal yang asing buat perusahaan-perusahaan besar. IBM, Amazon, Netflix dan Tesla, adalah contoh perusahaan yang punya dua kursi empuk untuk satu nama. (adk/jpnn) 


Kursi pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg mulai digoyang. Para pemegang saham ingin Zuckerberg mundur dari dewan direksi, tempat yang


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News