Zumi Zola Desak Pusat Segera Kembangkan Bandara Depati Parbo

Zumi Zola Desak Pusat Segera Kembangkan Bandara Depati Parbo
Zumi Zola. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jambi Zumi Zola terus melobi pemerintah pusat untuk mewujudkan pengembangan Bandara Depati Parbo di Kabupaten Kerinci.

Pengembangan bandara ini dalam rangka menggenjot pariwisata di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan sekitarnya.

"Di Kerinci, kami fokus pada pariwisatanya. Aksesnya Bandara Depati Parbo. Saya sudah sampaikan sesuai arahan Pak Presiden, dengan dana APBD kami bebaskan tanahnya 30 hektare. Nanti fisiknya dibangun secara bertahap oleh pak menteri perhubungan," ujar Zumi di kompleks Istana Negara, Kamis (20/4).

Dia datang ke Istana untuk mengikuti rapat terbatas evaluasi proyek strategis nasional dan prioritas di provinsi yang dia pimpin. Pada rapat itu hadir para menteri Kabinet Kerja.

Meski belum menjadi sektor unggulan di Jambi, Zumi berkeyakinan pengembangan sektor pariwisata tergantung pada kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah. Apalagi, Kerinci sudah ditetapkan sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi.

"Kami unggulkan itu, seperti Toba, Komodo. Nah, Jambi punya Kerinci. Tapi tidak sampai di situ. Harus diselesaikan infrastrukturnya. Karena dari Kota Jambi ke Kerinci butuh delapan sampai sembilan jam. Untuk turis, mungkin jadi penghalang," tutur dia.

Maka dengan adanya Bandara Depati Parbo, dia berkeyakinan akan mempermudah dan mempercepat datangnya wisatawan ke Kerinci. Tidak saja melalui akses Kota Jambi, tapi juga dari Kota Padang, Sumatera Barat.

Untuk mewujudkan pengembangan bandara tersebut, Zumi telah menyampaikan permintaan langsung kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang hadir di rapat tersebut.

Gubernur Jambi Zumi Zola terus melobi pemerintah pusat untuk mewujudkan pengembangan Bandara Depati Parbo di Kabupaten Kerinci.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News