Berebut Hadiah 201 Pinang

Berebut Hadiah 201 Pinang
Aksi panjat pinang massal di Jember. Foto: Yuyung Abdi/JP
JEMBER – Warga Jember kembali mendapat tontonan menarik. Setelah sepekan lalu diramaikan Jember Fashion Carnival (JFC), Minggu (10/8) giliran panjat pinang masal menghibur mereka.

Acara yang diadakan dalam rangka Bulan Berkunjung Jember dan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-63 Kemerdekaan RI itu diikuti seribu peserta. Mereka terbagi dalam 200 kelompok. Setiap kelompok terdiri atas lima orang. Tiap anggota kelompok bahu-membahu untuk meraih hadiah yang digantung di atas 200 pohon pinang yang ditancapkan di alun-alun.

Berbagai hadiah tersedia. Mulai tas, handphone, hingga sepeda gunung. Begitu Bupati M.Z.A. Djalal memencet sirene sebagai tanda perlombaan dimulai, ratusan peserta langsung berlarian dan menyerbu tengah alun-alun.

Sebelumnya, mereka bersiap di empat sudut alun-alun. Meski telah bertelanjang dada, mereka tetap kesulitan untuk mencapai puncak. Pohon pinang yang sudah dilumuri oli itu sangat sulit dipanjat.

Selain 200 pohon pinang yang berukuran sekitar 10 meter, panitia menyediakan satu pohon yang ukurannya lebih pendek. Dengan demikian, total pohon pinang yang tersedia adalah 201 buah. Pohon pinang khusus wisatawan itu hanya setinggi sekitar lima meter. Sejumlah wisatawan dari Surabaya, Bekasi, Jogjakarta, dan Maluku ikut mencobanya.

Peserta dari beberapa tempat di Jember mengatakan, tidak mudah menaklukkan pohon pinang yang berlumuran oli tersebut. ”Susah sekali, meski tidak pakai kaus tetap melorot,” ujar Bayu, salah seorang peserta asal Mangli Kaliwates.

Bersama rekan-rekannya, Bayu yang sudah berlepotan oli terduduk kecapaian. Setelah mengumpulkan tenaga, mereka kembali menaiki pohon pinang.

Begitu tangan rekannya berhasil mencapai puncak, sontak seluruh peserta lain meluncur turun. Panitia memang membuat aturan, jika peserta terakhir sudah mencapai puncak, anggota lain harus segera turun. Tugas untuk menurunkan hadiah menjadi tanggung jawab anggota yang sampai di puncak.

JEMBER – Warga Jember kembali mendapat tontonan menarik. Setelah sepekan lalu diramaikan Jember Fashion Carnival (JFC), Minggu (10/8) giliran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News