Gempa Sichuan karena Waduk

Hasil Kajian Peneliti Tiongkok dan AS

Gempa Sichuan karena Waduk
Gempa Sichuan karena Waduk
BEIJING - Ini temuan terbaru terkait dengan gempa bumi di Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya, tahun lalu yang menelan korban lebih dari 80 ribu meninggal. Ilmuwan Negeri Panda dan dari Paman Sam meyakini, keberadaan waduk raksasa Zipingpu yang hanya 0,5 kilometer dari patahan lempeng dan sekitar 5 kilometer dari pusat episentrum punya andil dalam bencana dahsyat itu.

Dam Zipingpu yang berketinggian 156 meter sanggup menampung sekitar 315 juta ton air. Volume air yang demikian besar plus dentuman gelombang air yang menghantam batu-batu karang tersebut diprediksi memperbesar tekanan terhadap patahan lempeng. Akibatnya, terjadi tekanan tektonis. Itulah yang memicu terjadinya gempa.

''Ada banyak contoh kasus pergerakan air waduk yang bisa menyebabkan gempa,'' kata Fan Xiao, peneliti dari Biro Geologi dan Mineral Sichuan di Chengdu, seperti dilansir Telegraph kemarin (4/2).

Berdasar kajian Fan dan timnya di sekitar kawasan bencana, gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter itu tampak tak wajar di wilayah tersebut. ''Tak ada aktivitas seismik yang lebih besar dari gempa bermagnitude tujuh sepanjang seismic belt sebelumnya,'' sambung Fan.

BEIJING - Ini temuan terbaru terkait dengan gempa bumi di Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya, tahun lalu yang menelan korban lebih dari 80 ribu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News