Ditemukan, Penyebab Penderita Alzheimer Kena Epilepsi

Ditemukan, Penyebab Penderita Alzheimer Kena Epilepsi
Ditemukan, Penyebab Penderita Alzheimer Kena Epilepsi
ABERDEEN - Sekelompok peneliti di Skotlandia mengungkapkan bahwa mereka berkemungkinan telah menemukan apa yang menyebabkan sejumlah pasien Alzheimer menderita kejang-kejang atau epilepsi. Demikian salah satu hasil penelitian terbaru seperti yang diberitakan BBC, Kamis (19/3) pagi.

Protein amyloid, demikian nama temuan itu, yang berupa gumpalan-gumpalan kecil di otak penderita, ternyata merupakan penyebab sel-sel syaraf menjadi terlalu sensitif dan akhirnya bisa berhenti. Setidaknya, demikianlah kesimpulan dari sejumlah tes yang dilakukan terhadap tikus percobaan.

"Sel-sel itu (kemudian) menjadi korslet dan menembakkan terlau banyak sinyal elektrik," ungkap hasil penelitian itu, seperti yang dimuat di Journal of Neuroscience.

Jika hal ini benar terjadi juga pada manusia, yang memang menurut para ahli sangat mungkin adanya, berarti sejumlah pasien (Alzheimer) akan membutuhkan obat yang berbeda - daripada yang lazim selama ini.

ABERDEEN - Sekelompok peneliti di Skotlandia mengungkapkan bahwa mereka berkemungkinan telah menemukan apa yang menyebabkan sejumlah pasien Alzheimer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News