Lagi, Roket Rusia Bawa 'Turis Antariksa'

Lagi, Roket Rusia Bawa 'Turis Antariksa'
Lagi, Roket Rusia Bawa 'Turis Antariksa'
TYURATAM - Selagi pesawat ulang-alik Discovery berada cukup jauh dari Stasiun Antariksa Internasional, sebuah roket Soyuz milik Rusia pun meluncur ke angkasa hari ini, dari Baikonur Cosmodrome yang berlokasi dekat kota Tyuratam, Kazakhstan. Roket ini membawa dua orang awak pesawat baru serta seorang 'turis antariksa'.

Seperti diberitakan New York Times, Soyuz TMA-14, nama roket tersebut, hari ini dengan mulusnya telah meluncur ke angkasa dari lokasi peluncuran bernomor 254. Ini merupakan fasilitas yang sama yang dulu digunakan oleh pesawat pembawa kosmonot kenamaan Rusia, Yuri Gagarin, ke antariksa.

Di dalam roket ini, terdapat pimpinan Ekspedisi 19 Gennaldy Padalka, seorang kolonel Angkatan Udara Rusia, serta insinyur penerbangan AS yang ahli fisika, Michael Barratt. Satu penumpang lagi adalah Charles Simonyi, seorang pengembang software kelahiran Hungaria, yang terhitung sudah untuk kali keduanya membayar demi perjalanan menyinggahi stasiun luar angkasa.

Saat meluncur, tayangan TV dari bagian dalam roket tersebut menunjukkan ketiga orang dalam keadaan rileks dan tenang. Padalka duduk di bagian tengah, sementara Barrat terlihat di sebelah kirinya, sibuk memantau layar kokpit.

TYURATAM - Selagi pesawat ulang-alik Discovery berada cukup jauh dari Stasiun Antariksa Internasional, sebuah roket Soyuz milik Rusia pun meluncur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News