Ditarik, 70 Merek Kosmetik Berbahaya

Ditarik, 70 Merek Kosmetik Berbahaya
BERBAHAYA- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kamis (11/06) menyatakan sebanyak 70 produk kosmetik dari berbagai merk mengandung bahan berbahaya yang bisa memicu gangguan syarat, perkembangan janin, serta penyakit kanker. Foto: Fery Pradolo/INDOPOS
JAKARTA - Baru pekan lalu puluhan merek obat tradisional dicekal, giliran kemarin 70 produk kosmetik ditengarai mengandung bahan-bahan berbahaya. Karena itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) langsung menarik produk komestik tersebut dari pasaran.

 

Berdasarkan pemeriksaan laboratorium (pengawasan September 2008-Mei 2009), sejumlah produk kosmetik terbukti mengandung merkuri, hidrokinon, asam retinoat, zat warna merah K3, zat warna merah K10 (rhodamin B), dan zat warna jingga K1.

 

"Bahan-bahan kimia itu ditengarai bisa menimbulkan gangguan saraf, perkembangan janin hingga penyakit kanker," ujar Kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib, Kamis (11/6).

Penggunaan merkuri dalam konsentrasi kecil, tutur Husniah, juga bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Yakni, perubahan warna kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan saraf, ginjal, dan gangguan perkembangan janin. "Paparan jangka pendek dalam dosis tinggi dapat menyebabkan muntah, diare, dan kerusakan ginjal. Bahan ini juga menimbulkan kanker,"kata Husniah.

JAKARTA - Baru pekan lalu puluhan merek obat tradisional dicekal, giliran kemarin 70 produk kosmetik ditengarai mengandung bahan-bahan berbahaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News