Bahasa Indonesia Terancam Punah

Bahasa Indonesia Terancam Punah
Bahasa Indonesia Terancam Punah
JAKARTA - Berkembangnya bahasa gaul di kalangan kawula muda zaman sekarang, menjadi keprihatinan tersendiri. Bahkan disebutkan, degan fenomena ini, bukan mustahil bila bahasa Indonesia baku akan mulai terlupakan.

"Bahasa baku amat penting bagi sebuah negara, termasuk bagi Indonesia," kata pakar bahasa dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Prof Dr Benny Hoedoro Hoed, dalam acara diskusi soal pentingnya bahasa Indonesia, di Lembaga Pers Dr Soetomo, Jalan Kebon Sirih, Jumat (23/10).

Lebih lanjut dikatakannya, bahasa baku pada dasarnya memiliki fungsi mempersatukan negara Indonesia yang mempunyai lebih dari 400 bahasa daerah. "Bahasa Indonesia baku berfungsi sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan, serta bahasa kebanggaan bangsa Indonesia," tutur Benny.

Negara Indonesia sendiri, katanya pula, termasuk istimewa bila dibandingkan dengan beberapa negara lain yang mengalami kesulitan menetapkan bahasa persatuan. Benny mencontohkan, seperti di India misalnya, ada bahasa Hindi dan Inggris. "Di Belgia menggunakan bahasa Belanda dan Perancis. Lalu, ada tiga bahasa yang dipakai di Swiss, yakni Italia, Perancis dan Jerman. Sementara di Kanada, ada bahasa Inggris dan Perancis," tuturnya.

JAKARTA - Berkembangnya bahasa gaul di kalangan kawula muda zaman sekarang, menjadi keprihatinan tersendiri. Bahkan disebutkan, degan fenomena ini,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News