Presiden Nigeria Dilaporkan Hilang

Presiden Nigeria Dilaporkan Hilang
Umaru Yar'Adua. Foto: CDN.WN.com
ABUJA - Nigeria saat ini mengalami kekosongan kekuasaan. Presiden Umaru Yar'Adua dilaporkan menghilang, setelah diopname di rumah sakit Arab Saudi selama hampir dua bulan.

BBC melaporkan bahwa Yar'Adua dirawat karena penyakit jantung. Sementara, dua kasus hukum berbeda di dalam negeri sedang menunggunya untuk disidangkan. Karena tidak dapat dihadirkan, sidang terpaksa dilakukan secara in-absentia.

Asosiasi Penulis Hak Asasi Manusia (HURIWA) mendesak DPR setempat untuk mengirim tim pencari ke Arab Saudi. Yar'Adua belum sempat menyerahkan tampuk pemerintahan kepada wakilnya. Karenanya, sejumlah pihak merasa bahwa Nigeria sedang berada dalam kekosongan kekuasaan. HURIWA juga mendesak DPR Nigeria agar segera memaksa sang presiden mundur dan menyerahkan tugas pemerintahan kepada wakilnya, setelah posisi Yar'Adua bisa dipastikan melalui rekaman video.

Sejumlah organisasi hak asasi manusia (HAM), ahli hukum dan pribadi, telah meminta Yar'Adua untuk meletakkan jabatannya, karena faktor kesehatan dan mendelagasikan tugas kenegaraanya secara formal kepada Wakil Presiden Goodluck Jonathan. Namun HURIWA adalah satu-satunya organisasi yang mendesak pencarian terhadap presiden.

ABUJA - Nigeria saat ini mengalami kekosongan kekuasaan. Presiden Umaru Yar'Adua dilaporkan menghilang, setelah diopname di rumah sakit Arab Saudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News