Sampah Ancam Citra Pulau Bali

Kotoran Laut Menumpuk di Kuta

Sampah Ancam Citra Pulau Bali
Foto : Miftahuddin/Radar Bali/JPNN
NAMA Bali sebagai tempat wisata favorit bisa tenggelam gara-gara sampah. Sebab, problem itu mengusik kenyamanan turis beberapa tahun ini. Selain minimnya kesadaran warga setempat, pantai-pantai di Pulau Dewata itu selalu diterjang sampah kiriman yang datang setiap musim.

Indahnya Kuta, Bali, bisa ternoda gara-gara sampah yang menumpuk di kawasan pantai tersebut. Betapa tidak, salah satu jargon wisata Pulau Dewata itu rutin mendapat kiriman sampah ketika angin musim barat tiba. Angin itu berembus mulai November sampai Februari.

Angin barat itu membuat semua kotoran di tengah laut terbawa ke darat. Kontan, Pantai Kuta terlihat seperti tempat pembuangan sampah (TPA). Selain tidak sedap dipandang, baunya tidak enak. Tidak hanya bau bangkai ikan, sampah berupa kayu gelondongan juga terseret ke pantai itu.

Menurut Lurah Kuta Gde Suparta, menumpuknya sampah kayu gelondongan itu akibat maraknya penebangan liar. "Mereka membuang kayu usang ke sungai maupun laut. Kayu itu sengaja dibuang kalau melihat bentuknya yang terpotong halus dari mesin pemotong," ujarnya.

NAMA Bali sebagai tempat wisata favorit bisa tenggelam gara-gara sampah. Sebab, problem itu mengusik kenyamanan turis beberapa tahun ini. Selain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News