Obama Dikritik Penginjak Bulan

Obama Dikritik Penginjak Bulan
Barack Obama. Foto : AFP
WASHINGTON - Bukan karena terbiasa terbang ke tempat 'tinggi' jika kemudian dua astronot Amerika Serikat (AS) melontarkan kritik kepada sosok dengan jabatan "tertinggi" di negara mereka: Barack Obama. Mereka gerah kepada presiden AS ke-44 itu semata karena keputusannya menghentikan program pengiriman orang ke bulan.

Kedua astronot itu adalah Eugene Cernan, orang terakhir yang menjejakkan kaki di bulan, dan Jim Lovell, komandan pesawat luar angkasa yang apes, Apollo 13. Mereka melontarkan kritikan ketika diwawancarai BBC secara khusus di Royal Society, London, Sabtu (13/3) dini hari WIB lalu. 

"Saya menganggap keputusan (Obama) itu akan berdampak sangat besar terhadap kemampuan kami mengeskplorasi ruang angkasa. Juga, membuat kemajuan yang dicatat Amerika dalam teknologi ruang angkasa tidak akan bisa dimanfaatkan maksimal," kata Lovell, seperti dikutip Daily Telegraph.

Obama membatalkan program pengembangan roket dan wahana untuk membawa manusia kembali ke bulan pada 2020 dengan alasan penghematan. Juga karena program itu dinilai tak mencatat banyak kemajuan sejauh ini.

WASHINGTON - Bukan karena terbiasa terbang ke tempat 'tinggi' jika kemudian dua astronot Amerika Serikat (AS) melontarkan kritik kepada sosok dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News