Partai Juga Butuh Rapor Kinerja Daerah

Partai Juga Butuh Rapor Kinerja Daerah
Partai Juga Butuh Rapor Kinerja Daerah
JAKARTA -- Anggota Komisi II DPR Arif Wibowo mengatakan, mestinya hasil evaluasi kinerja pemda diumumkan secara terbuka setiap tahun, pada peringatan Hari Otonomi Daerah. Menurutnya, setiap partai politik juga punya kepentingan dengan hasil evaluasi itu. Baik buruknya hasil evaluasi, bisa menjadi pertimbangan bagi partai politik untuk menentukan, apakah incumbent yang masih memimpin daerah itu dicalonkan lagi atau tidak.

"Jadi, hasil evaluasi bisa menjadi dasar untuk menentukan seorang incumbent layak atau tidak untuk dicalonkan lagi," ujar Arif Wibowo saat Rapat Kerja (Raker) antara Komisi II dengan Mendagri Gamawan Fauzi di Gedung DPR, Rabu (5/5).

Sejumlah anggota Komisi II DPR yang lain juga Gamawan untuk segera menyampaikan kepada publik tentang hasil evaluasi kinerja pemerintah daerah yang dilakukan Kemendagri, terutama tentang evaluasi daerah hasil pemekaran. Menurut anggota Komisi II DPR RI, AW Thalib hasil evaluasi daerah itu menjadi penting untuk diketahui mana yang baik dan mana yang kurang baik. Sehingga ke depan dapat dijadikan referensi bagi Komisi II dalam mengambil kebijakan pemekaran daerah.

"Kami ingin mengetahui daerah-daerah mana saja yang berkinerja terbaik maupun yang terburuk. Sehingga ke depan dari hasil itu bisa menjadi pedoman dan bahan bagi Komisi II untuk membicarakan daerah yang mengusulkan untuk dimekarkan,"  kata AW Thalib.

JAKARTA -- Anggota Komisi II DPR Arif Wibowo mengatakan, mestinya hasil evaluasi kinerja pemda diumumkan secara terbuka setiap tahun, pada peringatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News