Zakat Melalui Bank Rp 64,2 Miliar

Zakat Melalui Bank Rp 64,2 Miliar
Zakat Melalui Bank Rp 64,2 Miliar
JAKARTA - Dana zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan yang dikumpulkan oleh Rumah Zakat Indonesia (RZI) pada tahun 2009 sebesar Rp 107 miliar. Dari jumlah tersebut sebesar 40 persen dibayarkan secara langsung dan 60 persen melalui fasilitas perbankan. "Di tahun 2009 penerimaan melalui bank mengambil porsi 60 persen (sekitar Rp 64,2 miliar). Biasanya donasi zakat terbesar masuk menjelang Ramadhan (Idul Fitri) dan kurban (Idul Adha)," ujar CEO Rumah Zakat Indonesia, Rachmat Ari Kusumanto kemarin (30/06).

Tahun ini RZI menargetkan penerimaan dana zakat, infaq, shadaqah dan dana kemanusiaan bisa mencapai Rp 212, 4 miliar. Menarik dana sebesar tu tentu berat jika dilakukan secara cash ke kantor-kantor RZI yang tersebar di beberapa kota. Sebab seringkali, penyetoran daan dialkukan pada hari-hari tertentu saja, seperti Idul Fitri dan Idul Adha. "Pernah dalam satu hari, cabgan kita di Bandung terima dana cash Rp 4 miliar. Itu jumlah yang tidak sedikit tentunya," kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya mulai mengoptimalkan pengumpulan dana melalui program "Ayo ke bank, berzakat di teller kami" dengan memanfaatkan semua electronic-chanel bank mitra. "Kita ingin menggandeng bank sebanyak-banyaknya, supaya masyarakat bisa membayar melalui ATM (automatic transfer machine), teller atau virtual account," tukasnya.

Adapun bank yang telah menjadi mitra Rumah Zakat hingga saat ini sebanyak 18 bank, dan pada Rabu (30/6) kemarin, RZI kembali menggandeng 10 bank lain untuk menjadi mitranya. Bank-bank itulah yang membantu RZI mengumpulkan dana zakat, infaq, shadaqah dan dana kemanusiaan milik nasabah. "Januari hingga Juni 2010, kontribusinya baru 20 persen, tapi nanti pasti meningkat menjelang lebaran," cetusnya.

JAKARTA - Dana zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan yang dikumpulkan oleh Rumah Zakat Indonesia (RZI) pada tahun 2009 sebesar Rp 107 miliar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News