Akhirnya Malaysia Lepaskan Tiga Petugas DKP

Marty Bilang Tidak Dibarter, Tapi Kerja Sama Sinergi

Akhirnya Malaysia Lepaskan Tiga Petugas DKP
Akhirnya Malaysia Lepaskan Tiga Petugas DKP
JAKARTA - Malaysia akhirnya membebaskan tiga aparat Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau, Selasa (17/8) pagi tadi. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan hal itu di Istana Merdeka.

"Sekitar 20 menit yang lalu, saya mendapatkan informasi bahwa tiga saudara kita petugas DKP sudah di bawah perlindungan Konsulat Jenderal Indonesia di Johor. Jadi saat ini, mereka sudah berkumpul dan mengikuti upacara kemerdekaan RI di Johor Baru," ujar Marty kepada wartawan.

Marty menegaskan, bebasnya tiga PNS Dinas Kelautan dan Perikanan Batam yang ditahan polisi Diraja Malaysia tidak lepas dari upaya diplomatik yang dilakukan. "Upaya diplomatik sepanjang hari kemarin telah membuahkan hasil. Insyaallah, hari ini juga mereka sudah bisa kembali ke tanah air," kata Marty menegaskan.

Dalam kesempatan itu Marty juga membantah jika dilepasnya tiga aparat negara Indonesia oleh aparat Diraja Malaysia karena dibarter dengan tujuh pencuri ikan di laut perairan Indonesia yang kini ditahan di Batam. "Petugas DKP itu tidak diperiksa, tetapi dimintai keterangan. Sementara, tujuh nelayan Malaysia itu diperiksa oleh aparat hukum, dan setelah diperiksa kemudian dideportasi," ujarnya.

JAKARTA - Malaysia akhirnya membebaskan tiga aparat Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau, Selasa (17/8) pagi tadi. Menteri Luar Negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News