Diresmikan, Gerbong KA Khusus Wanita

Diresmikan, Gerbong KA Khusus Wanita
Suasana gerbong KRL khusus wanita. Foto : Ferry Pradolo/INDOPOS/JPNN
DEPOK - Terobosan baru dilakukan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ). Perusahaan penyedia jasa layanan kereta api lintas Jabodetabek itu Kamis (19/8) resmi meluncurkan gerbong kereta khusus wanita (KKW). Peluncuran gerbong KKW tersebut disambut meriah banyak kalangan. Termasuk, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Men PP dan PA) Linda Amalia Sari Gumelar.

"Ini bukanlah kebijakan yang memanjakan perempuan. Tapi, lebih dari itu, yakni upaya mencegah kejahatan terhadap perempuan di kereta api," ungkapnya saat peluncuran gerbong KKW di Depo KRL Ratu Jaya Citayam, Depok, kemarin (19/8).

Gerbong KKW itu, lanjut Linda, memberikan banyak kelebihan bagi kaum perempuan. Tak hanya diperlakukan berbeda dan terpisah dari gerbong umum, gerbong tersebut juga memiliki fasilitas yang lebih baik. Setidaknya, kata dia, kenyamanan pendingin udara atau AC dalam gerbong KKW tersebut terasa lebih sehat karena menggunakan bahan pendingin yang ramah lingkungan.

"AC-nya menggunakan bahan hidrokarbon. Itu bahan yang sangat ramah lingkungan. Jadi, nyaman digunakan, juga aman bagi lingkungan," paparnya.

DEPOK - Terobosan baru dilakukan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ). Perusahaan penyedia jasa layanan kereta api lintas Jabodetabek itu Kamis (19/8)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News