2016, Monorel Mulai Beroperasi

2016, Monorel Mulai Beroperasi
2016, Monorel Mulai Beroperasi
JAKARTA — Untuk mengatasai kemacetan sekaligus melayani kebutuhan masyarakat akan transportasi yang terus meningkat, Jakarta ditargetkan pada 2016 nanti sudah memiliki Mass Rapid Transit (MRT) berbentuk kereta api rel tunggal (monorel). Target awal pembangunan akan dilakukan mulai tahun 2011, sedangkan operasional MRT ditargetkan pada tahun 2016 mendatang.

Pembangunan MRT direncanakan menempuh rute Lebak Bulus-Dukuh Atas-Bundaran HI sepanjang 13,915 Km dari dengan 13 stasiun pemberhentian. Tujuh di antara stasiun itu ada di bawah tanah.

Hal ini diungkapkan Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam rapat paripurna DPR RI, Selasa (31/8) di Jakarta. Agus mengungkapkan, MRT akan dibangun dengan sistem cost sharing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah provinsi DKI Jakarta.

"Untuk pemerintah pusat, pendanaan MRT bersumber dari pinjaman Japan International Cooperation Agency (JICA), dengan pinjaman tahap I sebesar Rp12,8 triliun. Sebesar Rp5,4 triliun dihibahkan, sedangkan Rp7,4 triliun dipinjamkan kepada pemprov DKI Jakarta," ungkap Agus.

JAKARTA — Untuk mengatasai kemacetan sekaligus melayani kebutuhan masyarakat akan transportasi yang terus meningkat, Jakarta ditargetkan pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News