Hari Ini, Diprediksi Arus Puncak Mudik

Hari Ini, Diprediksi Arus Puncak Mudik
MULAI RAMAI : Sejumlah calon pemudik bersiap menaiki kereta ekonomi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, kemarin. Memasuki H-4 menjelang lebaran, stasiun tersebut mulai ramai.foto : UKON FURKON SUKANDA/INDOPOS

JAKARTA
– Arus mudik dari Jakarta ke berbagai daerah di tanah air terus meningkat. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada hari ini (7/9) atau H-3. Jumlah pemudik yang menggunakan angkutan kereta api (KA) diprediksi naik 1,5 persen dibanding tahun sebelumnya. Lebaran tahun lalu, jumlah pemudik mencapai 754.376 jiwa.

Kepala Humas Daop I PT KA Mateta Rijalulhaq menyatakan, hingga Senin lalu (6/9), pemudik dari Jakarta yang menggunakan KA mencapai 60 ribu orang. ’’Jumlah itu berasal dari total pemudik yang diberangkatkan dari seluruh stasiun seperti Gambir, Jatinegara, Senen, Tanah Abang, dan Bekasi,’’ ujarnya. Dia menyatakan, puncak arus mudik dengan KA dari Jakarta akan terjadi pada H-3 Lebaran (hari ini, Red). Hal tersebut mengacu pada data pembelian tiket oleh calon penumpang. ’’Saya optimistis semua berjalan lancar dan baik,’’ tuturnya.

Peningkatan jumlah pemudik dengan KA terlihat dari antrean di Stasiun Besar Pasar Senen, Jakarta Pusat. Di stasiun itu, sejak H-7, 34.010 pemudik telah diberangkatkan.Jumlah tersebut meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu 31.233 pemudik. Rinciannya, pemudik pada H-7 (9.519 orang), H-6 (11.458 orang), dan H-5 (13.033 orang).

Pemudik yang menggunakan angkutan KA paling banyak berangkat dengan daerah tujuan Jawa Tengah seperti Semarang dan Solo. Disusul Jogjakarta. Selain itu, tujuan Jawa Timur seperti Sidoarjo dan Surabaya. Jawa Barat merupakan daerah tujuan terbanyak terakhir di Jawa.

JAKARTA – Arus mudik dari Jakarta ke berbagai daerah di tanah air terus meningkat. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada hari ini (7/9)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News