Sidang Istbath Sepakat Lebaran Jumat

Sidang Istbath Sepakat Lebaran Jumat
Sidang Istbath Sepakat Lebaran Jumat
JAKARTA - Sidang Istbath yang dipimpin Menteri Agama Suryadharma Ali memutuskan bahwa 1 Syawal 1431 Hijriyah jatuh pada hari Jumat (10/9) lusa. Berdasarkan ru'yat yang dilakukan di sejumlah wilayah, anak bulan (hilal) masih belum dapat dilihat.

"Bahwa hilal saat matahari tenggelam hari ini masih di bawah ufuk. Dari ru'yat yang dilaksanakan pada 29 Ramadhan ini, tim tidak melihat hilal," ucap Menteri Agama Suryadharma Ali saat membacakan keputusan Sidang istbath, di Kementrian Agama, Rabu (8/9) malam.

Karenanya, puasa Ramadhan tahun ini akan digenapkan menjadi 30 hari. "Tidak ada keraguan lagi bahwa berdasarkan sidang istbath ditetapkan bahwa 1 Syawal baru jatuh pada hari Jumat, 10 September 2010," sebut Menag.

Sebelumnya, Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Muhaimin Lutfi, memaparkan bahwa pada sore tadi dilakukan rukyat di 29 wilayah dari Jayapura hingga Aceh. Namun dari rukyah yang dilakukan, hilal masih belum muncul karena masih di bawah ufuk.

JAKARTA - Sidang Istbath yang dipimpin Menteri Agama Suryadharma Ali memutuskan bahwa 1 Syawal 1431 Hijriyah jatuh pada hari Jumat (10/9) lusa. Berdasarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News