Pemda Dievaluasi, Mayoritas Provinsi Berkinerja Tinggi

Kepala Daerah Bermasalah, Skor Berkurang

Pemda Dievaluasi, Mayoritas Provinsi Berkinerja Tinggi
Pemda Dievaluasi, Mayoritas Provinsi Berkinerja Tinggi
BOGOR - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) secara resmi merilis hasil Evaluasi Kinerja  dan Penyelenggaran Pemerintahan Daerah (EKPPD). Hasilnya, dari EKPPD yang diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaran Pemda itu, mayoritas Pemprov berkinerja tinggi.

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Djohermansyah Djohan saat mengumumkan peringkat kinerja Pemda di Balai Kota Bogor bersamaan dengan peringatan Hari Otda ke-15, Senin (25/4), mengungkapkan, terdapat 173 indikator penilaian. Sedangkan daerah yang dievaluasi adalah 33 provinsi, 398 kabupaten dan 93 kota.

Namun hanya ada 3 Provinsi yang dinobatkan dalam 3 besar. Dari 33 provinsi, peringkat pertama diraih Sulawesi Utara. Sedangkan rangking kedua adalah Sulawesi Selatan, dan ketiga adalah Jawa Tengah.

Mayoritas Provinsi atau 29 dari 33 provinsi berkinerja tinggi. Sulut meraih skor tertinggi yaitu 2,9701. Selanjutnya Sulsel meraih skor 2,90605 dan Jawa Tengah 2,8960. Sedangkan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Papua, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah masuk dalam kinerja sedang. Pemprov Sulawesi Tengah dengan skor 1,0531 adalah provinsi yang menempati juru kunci dari hasil evaluasi.

BOGOR - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) secara resmi merilis hasil Evaluasi Kinerja  dan Penyelenggaran Pemerintahan Daerah (EKPPD). Hasilnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News