Minat PTS Urus Akreditasi Prodi Masih Rendah

Minat PTS Urus Akreditasi Prodi Masih Rendah
Minat PTS Urus Akreditasi Prodi Masih Rendah
JAKARTA — Kepala Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Kamanto Sunarto, menilai minat perguruan tinggi swasta (PTS) untuk mengurus pengajuan akreditasi program studi (prodi) masih sangat rendah. Ia pun menyodorkan angka, bahwa sepanjang tahun 2010 pihaknya hanya melakukan akreditasi terhadap  2.500 prodi.

“Padahal tahun 2010 ini ditargetkan harus ada 4000 prodi yang sudah terakreditasi. Namun hingga saat ini hanya 2.500 prodi saja yang sudah terakreditasi,” ungkap Kamanto di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta, Jumat (22/10).

Kamanto menjelaskan, dalam proses pengajuan akreditasi prodi ini BAN-PT hanya bersifat melayani dan bukan dalam posisi untuk menjemput bola. Sedangkan PTS sudah seharusnya sadar diri untuk mengakreditasi semua prodi yang diadakan.

“Akreditasi prodi ini sifatnya memang wajib bagi para PTS. Tetapi BAN-PT tidak berkewajiban untuk datang ke PTS. Dalam hal ini butuh kesadaran PTS sendiri tentang akreditasi prodi. Sayangnya kesadaran PTS masih rendah,” tegasnya.

JAKARTA — Kepala Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Kamanto Sunarto, menilai minat perguruan tinggi swasta (PTS) untuk mengurus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News