Jakarta Dianggap Tak Siap Hadapi Gempa

Jakarta Dianggap Tak Siap Hadapi Gempa
Jakarta Dianggap Tak Siap Hadapi Gempa
JAKARTA - Selama ini, bencana yang paling akrab dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta adalah banjir dan kebakaran. Namun pemerintah diingatkan agar bersiap-siap jika suatu saat bencana besar mengguncang Ibukota.

Pasalnya, Jakarta yang menjadi bagian dari Pulau Jawa merupakan salah satu jalir cincin api sehingga termasuk dalam kawasan rawan gempa. Namun menurut anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PKS, Zulkifliemansyah, masyarakat Jakarta tidak memiliki kesiapan untuk menghadapi bencana gempa bumi.

“Jakarta ini letaknya di ring of fire (cincin api di dalam perut bumi), tapi apa masyarakat sadar bahwa bencana mungkin terjadi" Masyarakat tidak memiliki antispasi apapun untuk menghadapi bencana. Jangankan masyarakat, para petugas yang dalam bencana harus berada di garis depan seperti petugas PMI, rumah sakit, polisi, tentara, departemen kesehatan dan seluruh instansi lainnya juga belum dipersiapkan untuk satu skenario terburuk yang sangat mungkin terjadi di Jakarta,” ujar Zulkifliemansyah kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/10)

Lebih lanjut Zulkifliemansyah mengatakan, jika gempa bumi mengguncang Jakarta maka akan timbul kekacauan luar biasa. Karenanya, harus ada antisipasi untuk meminimalkan kekacauan jika bencana besar melanda Jakarta.

JAKARTA - Selama ini, bencana yang paling akrab dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta adalah banjir dan kebakaran. Namun pemerintah diingatkan agar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News