Pemerintah Tak Akan Mengemis Bantuan Asing

Pemerintah Tak Akan Mengemis Bantuan Asing
Pemerintah Tak Akan Mengemis Bantuan Asing
PADANGPARIAMAN - Juru bicara Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, menyatakan, pemerintah RI siap menerima bila ada negara lain yang ingin memberikan bantuan bagi musibah gempa dan tsunami yang melanda Kabupaten Mentawai, Sumbar baru-baru ini. Namun demikian pemerintah tidak akan mengemis bantuan ke negara lain.

Bila ada negara lain yang ingin membantu korban gempa di Mentawai, lanjutnya, mungkin akan lebih tepat bila bantuan yang diberikan itu berbentuk uang bukan berbentuk barang. Sebab, akan lebih mudah mengkoordinirnya ketimbang bantuan berbentuk barang yang memungkinkan terjadinya penambahan biaya bagi pemerintah.

"Posisinya kita tidak secara aktif meminta bantuan, tapi kalau ada negara-negara yang ingin memberikan bantuan berupa dana mungkin lebih tepat dari barang yang sifatnya kurang efektif. Bila barang biayanya akan lebih tinggi. Pengalaman kita bantuan barang ini biayanya lebih tinggi, karena beberapa ada yang kita ambil sendiri. Tapi untuk lebih jelasnya BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang lebih paham masalah itu,"Teuku Padang Ekspres, Kamis (28/10).

Seperti tsunami Aceh, jelasnya, banyaknya negara lain yang memberikan bantuan barang justru menambah pengeluaran bagi pemerintah. Sementara bantuan berupa uang, katanya, lebih dapat dikelola secara transparans dan akuntabel.

PADANGPARIAMAN - Juru bicara Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, menyatakan, pemerintah RI siap menerima bila ada negara lain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News