Antisipasi Melonjaknya Angka Kemiskinan Pascabencana

Antisipasi Melonjaknya Angka Kemiskinan Pascabencana
Antisipasi Melonjaknya Angka Kemiskinan Pascabencana
JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, bencana alam di berbagai daerah di Indonesia, belum berpengaruh signifikan terhadap target capaian pertumbuhan ekonomi tahun 2010. Salah satu alasannya, karena kawasan bencana seperti Wasior (Papua), Mentawai (Sumbar) dan Sleman (Jogjakarta) bukan daerah pusat ekonomi.

‘’Saya tidak melihat ada pengaruhnya. Kita sebaiknya tetap bisa menjaga inflasi sehingga daya beli masyarakat kita tidak ikut tergerus. Saya juga yakin bahwa ekspor kita akan tetap tumbuh termasuk investasi mengejar target akhir tahun,’’ kata Hatta pada wartawan di Jakarta, Jumat (5/11).

Dijelaskan, meski berbagai bencana terjadi dan cukup menyita perhatian pemerintah pusat, namun hingga kuartal ke III 2010 berbagai target ekonomi yang ditetapkan telah tercapai. Bahkan kata Hatta, pada kuartal ke IV 2010 pemerintah optimis pertumbuhan ekonomi akan terus didorong oleh faktor ekspor, investasi dan belanja konsumsi masyarakat.

‘’Makanya kita harus segera mengantisipasi agar masyarakat yang terkena musibah ini harus segera dicarikan jalan keluarnya. Jangan sampai mereka kehilangan pekerjaan atau kehilangan sumber-sumber mata pencaharian,’’ kata Hatta. Karena bila tidak diantisipasi dari sekarang, maka dikhawatirkan akan berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan di daerah bencana tersebut. Karena itu pula kata Hatta, setelah tanggap darurat bencana, nantinya pemerintah akan berupaya mengumpulkan data-data UKM ataupun kerugian dampak bencana secara ekonomi.

JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, bencana alam di berbagai daerah di Indonesia, belum berpengaruh signifikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News