Jumat, 24 Oktober 2014 | 22:28:04
Home / Berita Daerah / Sumut / Ratusan Pemilih tak Dapat Undangan

Senin, 22 November 2010 , 17:25:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Ratusan formulir c-6 kwk (undangan pemilih) diketahui tak dibagikan dalam Pemilukada Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Hal tersebut terungkap pada persidangan sengketa Pemilukada Kabupaten Karo dengan agenda pemeriksaan saksi di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), di Jakarta, Senin (22/11).

Saksi pemohon, Yamta Purba, mengatakan dirinya pernah mendapat kabar bahwa formulir undangan pemilih itu berada di tempat KPPS dan tidak dibagikan. “Saya mendapat kabar di Laucimba Kabanjahe ada formulir tidak dibagikan. Saya langsung kesana,” kata Yamta.

Kejadian itu terjadi pada tanggal 27 Oktober 2010. Ketika sampai di sana, aparat kepolisian setempat dan anggota Panwas setempat juga telah tiba. Yamta mengatakan, dia sempat menanyakan tindak lanjut dari Panwas setempat terkait penemuan tersebut. Namun, tak pernah mendapat jawaban. “Sekitar 2 ribuan
formulir,” kata Yamta menjawab pertanyaan hakim ketua panel MK Akil Muchtar.

Salim Bangun, Ketua KPPS III di Kelurahan Loucimba, menyatakan memang ada masalah terkait pembagian formulir undangan memilih itu. Dirinya mencatat ada 158 undangan pemilih yang tak terbagikan. Hal serupa juga dikemukakan oleh Sehat Tarigan Ketua KPPS IV Laucimba. Dirinya mengakui masih ada 104 formulir yang juga tak terbagi.

“Setelah saya bekerja ternyata memang ada yang meninggal, pindah tempat atau alamatnya tidak jelas,” terang Salim Bangun. Selain membeber adanya sejumlah undangan pemilih yang tak dibagikan, para saksi juga membeber adanya dugaan politik uang yang terjadi pada Pilkada Karo.

Di samping itu, terungkap pula anak dibawah umur yang ikut memilih. Menurut saksi Yusna Delina, salah seorang guru di SMPN, di wilayah Kabanjahe ikut mencoblos. Sidang Sengketa Pilkada Karo yang dimohonkan pasangan Riemenda Ginting-Aksi Bangun masih akan berlanjut dengan agenda pemeriksaan saksi pada tanggal 23 November 2010.(wdi/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar