Cegah HIV, KPA Genjot Penggunaan Kondom

Cegah HIV, KPA Genjot Penggunaan Kondom
Cegah HIV, KPA Genjot Penggunaan Kondom
JAKARTA — Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) terus berupaya melakukan pencegahan penularan HIV/AIDS. Khusus untuk penularan melalui transmisi seksual, KPA terus menggenjot sosialisasi penggunaan kondom. Untuk itu, KPA terus memperbanyak outlet kondom yang difungsikan untuk mendistribusikan kondom ke seluruh provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia.

Deputi Sekretaris Bidang Pengembangan Program KPA, Kemal Siregar, mengatakan, dalam rangka kegiatan promosi kondom, KPA bekerja sama dengan perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan kondom telah mendirikan kurang lebih 15 ribu outlet kondom. "Sebanyak 20 juta kondom telah didistribusikan setiap tahunnya," ungkap Kemal di Jakarta, Sabtu (27/11).

Berdasarkan data tentang penjangkauan program dari Sekretariat KPA tahun 2009, hingga akhir tahun 2008 juga telah tersedia sebanyak 245 unit klinik pengobatan infeksi menular seksual (IMS) di Puskesmas, klinik swasta maupun klinik milik perusahaan.

KPA mencatat bahwa jumlah kumulatif kasus AIDS menurut faktor risiko tahun 2010, terdapat 10.772 orang terinfeksi AIDS dari faktor heteroseksual, 718 orang akibat homo-biseksual, 8786 orang akibat pengunaan narkoba suntik, 20 orang akibat transfusi darah, 587 orang akibat transmisi perinatal dan 937 orang tidak diketahui penyebabnya.

JAKARTA — Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) terus berupaya melakukan pencegahan penularan HIV/AIDS. Khusus untuk penularan melalui transmisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News