12 Ribu Polisi Amankan Natal

12 Ribu Polisi Amankan Natal
12 Ribu Polisi Amankan Natal
JAKARTA - Sebanyak 12 ribu personel Polda Metro Jaya, akan diterjunkan guna mengamankan perayaan ibadah malam Natal 2010 serta malam Tahun Baru 2011. Pasukan sebanyak itu akan dikonsentrasikan di berbagai gereja dan gedung yang menggelar perayaan Natal dan tahun baru, maupun lokasi-lokasi keramaian seperti hotel dan mal di Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Boy Rafli Amar mengatakan, pengamanan itu diberi sandi Operasi Lilin 2010. "Selain polisi, ada pula pengamanan swakarsa seperti satpam hotel dan mal masing-masing," terangnya kemarin. Dia merinci, 12 ribu personel polisi itu, seperti biasa terdiri dari unsur Samapta, Brimob, Lalu Lintas, Reserse dan Intelijen.

"Mereka menggelar pengamanan stasioner, yang artinya diposkan untuk mengamankan lokasi tertentu. Seperti gereja, tapi ada pula yang berpatroli. Selain polisi, kami juga di-back up TNI," terangnya juga.

Demi mengantisipasi aksi terorisme, Boy mengatakan kalau pihaknya mengedepankan peranan Direktorat Intelijen Polda Metro Jaya untuk mendeteksi ancaman teror. "Sebelumnya kami juga menggelar Operasi Cipta Kondisi dan Operasi Sikat Jaya, dengan sasaran senjata api dan bahan peledak," cetusnya.

JAKARTA - Sebanyak 12 ribu personel Polda Metro Jaya, akan diterjunkan guna mengamankan perayaan ibadah malam Natal 2010 serta malam Tahun Baru 2011.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News