Demokrat Tawari Sultan Jabatan Gubernur Sepanjang Hayat

Fraksi Lain Tetap Usulkan Penetapan

Demokrat Tawari Sultan Jabatan Gubernur Sepanjang Hayat
Demokrat Tawari Sultan Jabatan Gubernur Sepanjang Hayat
JOGJA - Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPRD Provinsi Daerah IStimewa Yogyakarta (DIY) tampil beda saat menyampaikan sikap politik terkait polemik suksesi gubernur dan wakil gubernur DIJ. Dari tujuh fraksi di dewan, enam fraksi yakni FPDIP, FPAN, FPKS, FPKB, FPG dan FPNPI Raya sepakat mengusulkan mekanisme pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur dengan cara penetapan.

Sebaliknya, dalam pendapat politiknya FPD sama sekali tak menyinggungnya. FPD menilai Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam IX adalah sosok pemimpin yang tepat memimpin DIJ sekarang dan masa depan. “Bahkan andai kedua beliau berkenan memimpin DIJ sebagai gubernur dan wakil gubernur seumur hidup, FPD secara bulat menyetujuinya,” ucap Agung saat membacakan sikap politik yang diteken Ketua FPD Putut Wiryawan dan sekretaris Bertha Cahyani Hastari Aji, Senin (13/12).

Dikutuo Radar Jogja, saat Agung mewakili fraksinya tampil ke podium tak semua sejawatnya datang. Dari 10 anggota FPD, hanya ada lima orang yang terlihat datang ke paripurna. Hingga sidang selesai, Putut maupun Bertha tak tampak di ruang paripurna.

Soal  mekanisme pergantian kepemimpinan DIY, Agung menurutkan, sejak Indonesia berdiri ada dua model pengisian gubernur yakni penetapan dan pemilihan yang semuanya juga berjalan baik. HB IX dan PA VIII menjabat gubernur dan wakil gubernur dengan penetapan Piagam Kedudukan dari Presiden Soekarno.

      

JOGJA - Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPRD Provinsi Daerah IStimewa Yogyakarta (DIY) tampil beda saat menyampaikan sikap politik terkait polemik suksesi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News