Jadi Copet Insyaf, Dude Herlino Digunduli

Jadi Copet Insyaf, Dude Herlino Digunduli
GUNDUL - Adegan ketika peran yang dimainkan Dude Herlino harus dicukur rambutnya. Foto: Ridhaadilla.blogspot/internet.
JAKARTA - Novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El Shirazy yang tak hanya menjadi best selling di Indonesia tetapi juga Asia Tenggara, diangkat ke layar lebar. Film yang diberi judul sama dengan novelnya itu, menyuguhkan cerita drama percintaan yang mengharukan namun tetap dalam koridor agama Islam. Tak hanya penonton, Dude Herlino yang menjadi salah satu pemeran utama juga tak kuat menahan tangis saat menyaksikan film tersebut.

Dalam film berdurasi 106 menit itu, Dude berperan sebagai seorang santri sebuah pondok pesantren yang diusir karena difitnah telah mencuri. Ketidakpercayaan keluarga padanya, membuat Syamsul Hadi - begitu nama peran yang dilakoni Dude - pergi dari rumah dan mengadu nasib ke ibukota. Sempat menjadi copet untuk memenuhi kebutuhan hidup, belakangan dia justru dikenal sebagai mubalig. Dan kematian calon istrinya, Silvie (Asmirandah), justru membawanya pada cinta lamanya yakni Zizi (Meyda Sefira).

Demi perannya tersebut, Dude yang selama ini selalu berpenampilan necis merelakan rambutnya dibotaki. Saat itu, Syamsul yang ketahuan atau lebih tepatnya difitnah mencuri uang santri lain dihukum dengan cara dikeluarkan secara tidak hormat dan rambut gondrongnya dipangkas habis. "Itu salah satu bentuk totalitas. Saya ingin memberikan yang terbaik demi yang terbaik," ujarnya di Senayan City, Jakarta Pusat, kemarin.

Aktor kelahiran Jakarta, 2 Desember 1980 itu mengungkapkan, dirinya sudah jatuh hati dengan cerita Dalam Mihrab Cinta sejak membaca novelnya, empat tahun lalu. Itu sebabnya, apapun dilakukan demi kesuksesan film tersebut. "Dulu baca novelnya saya nangis, waktu main (syuting, Red) saya nangis, bahkan tadi saat nonton saya juga nangis. Mudah-mudahan film ini juga nggak cuma jadi hiburan, tapi juga inspirasi," ungkapnya lantas tersenyum.

JAKARTA - Novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El Shirazy yang tak hanya menjadi best selling di Indonesia tetapi juga Asia Tenggara, diangkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News