Tunggu Kesepakatan Tertulis Para Rektor

Terkait Rencana Hasil UN jadi Acuan Masuk PTN

Tunggu Kesepakatan Tertulis Para Rektor
Tunggu Kesepakatan Tertulis Para Rektor
JAKARTA--Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) masih membahas lebih dalam mengenai rencana nilai ujian nasional (UN) untuk dijadikan acuan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Kami sudah mendengar dengan adanya penolakan dari beberapa perguruan tinggi atas adanya rencana penggunaan hasil UN menjadi acuan masuk PTN. Namun saat ini hal itu sedang dibahas secara intensif khususnya Ditjen Pendidikan Tingi (Dikti) dengan para PTN, meskipun sebelumnya  seluruh rektor PTN sudah  menerima  adanya rencana ini," ungkap Fasli kepada JPNN di Jakarta, Minggu (19/12).

Dijelaskan, sebagian besar rektor di dalam pertemuan atau forum rektor PTN beberapa waktu lalu, secara umum sudah menerima bahwa hasil UN nantinya akan diperhitungkan dan dapat menjadi suatu bahan pertimbangan masuk PTN. "Intinya, kami tetap memegang bahwa di dalam forum rektor itu, seluruh rektor sudah menerima usulan ini meskipun belum dibuatnya suatu kesepakatan tertulis,"  imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelumnya sejumlah kalangan menolak jika hasil ujian nasional (UN) 2011 dijadikan acuan masuk PTN. Alasannya, hasil UN dinilai tidak mencerminkan secara riil kemampuan siswa. Apalagi, muncul banyak fakta di lapangan bahwa pelaksanaan UN kerap diwarnai kecurangan.

JAKARTA--Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News