Bagikan Beasiswa S-1

Kuota Sertifikasi Naik 360 ribu

Bagikan Beasiswa S-1
Bagikan Beasiswa S-1
JAKARTA -- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) terus berupaya mendongkrak kualitas tenaga pengajar di tanah air. Untuk menaikkan kualifikasi akademik mulai tahun 2011 Kemendiknas akan memberikan beasiswa bagi guru yang belum memiliki ijazah strata-1. Selain itu, pemerintah juga meningkatkan kuota sertifikasi guru dari tahun ini sebesar 200 ribu menjadi 360 ribu.

"Dengan adanya ujian sertifikasi ini maka akan diketahui kelemahan dan kelebihannya," ujar Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal di Jakarta kemarin (25/12).

Selain menaikkan kuota, Kemendiknas akan meningkatkan kesejahteraan bagi para guru dengan memberikan tunjangan khusus bagi guru didaerah terpencil. Kemendiknas juga akan mendorong profesionalitas guru dengan pertemuan periodik di Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Untuk mendorong kegiatan tersebut Kemendiknas akan membantu dengan ketersediaan block grant.

Dengan kenaikan kuota sertifikasi baru, maka pada 2015 diperkirakan pembayaran tunjangan profesi guru tidak kurang dari Rp 60 triliun. Fasli juga mengatakan, jika kesejahteraan saja yang ditingkatkan tanpa" profesionalitas" dan komitmen guru maka dunia pendidikan tidak akan membaik. Guru dituntut untuk profesional mengembangkan dirinya terus menerus sehingga anak didik menikmati interaksi dengan mereka, dan menjadi anak didik yang berfikir inovatif, kritis tapi juga holistik. "Saat ini di Indonesia terdapat sekitar 3,4 juta guru," kata dia.

JAKARTA -- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) terus berupaya mendongkrak kualitas tenaga pengajar di tanah air. Untuk menaikkan kualifikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News