Pemerintah Siapkan Dana Abadi Pendidikan

Pemerintah Siapkan Dana Abadi Pendidikan
Pemerintah Siapkan Dana Abadi Pendidikan
JAKARTA — Pemerintah secara rutin akan mulai mengalokasikan anggaran untuk dana abadi pendidikan. Dana ini nantinya akan disalurkan melalui Kementrian dan Lembaga (KL) yang memiliki program di bidang pendidikan.

Namun sebelum Badan Layanan Umum (BLU) pengelola dana ini terbentuk, anggaran dana abadi pendidikan sementara akan dikelola oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementrian keuangan. Saat ini, PIP telah memiliki dana abadi pendidikan sebesar Rp1 triliun. Rencananya bunga dari dana abadi ini akan disalurkan kepada 18 kementerian/lembaga (K/L). Diperkirakan setiap tahunnya, bunga yang bisa didapat dari dana ini sebesar Rp70 miliar.

"PIP akan mengelola dana ini sampai BLU yang khusus mengelola dana abadi pendidikan terbentuk. Ini sudah diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) nomor 490/KMK/05/2010," kata Kepala PIP Kementrian Keuangan Soritaon Siregar pada wartawan di Jakarta, Rabu (29/12).

Jika nanti BLU khusus pengelola dana abadi pendidikan sudah berdiri, katanya, maka seluruh hasil kelola akan dipindahbukukan dari PIP ke BLU tersebut. Sedangkan untuk tahun anggaran 2011, Pemerintah juga telah mengalokasikan dana abadi pendidikan sebesar Rp1 triliun.

JAKARTA — Pemerintah secara rutin akan mulai mengalokasikan anggaran untuk dana abadi pendidikan. Dana ini nantinya akan disalurkan melalui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News