Akui Biaya Pendidikan di PTN Melonjak

Akui Biaya Pendidikan di PTN Melonjak
Akui Biaya Pendidikan di PTN Melonjak
JAKARTA--Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengakui biaya pendidikan tinggi saat ini semakin mahal. Berdasarkan data yang dimiliki Kemdiknas biaya pendidikan tinggi khususnya pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di dalam negeri hingga tahun 2009,  mencapai Rp 18,7 juta per mahasiswa. Dengan kata lain, naik dari tahun sebelumnya yang besarnya Rp 14,5 juta per mahasiswa.

“Biaya pendidikan itu ditanggung dari tiga sumber, yakni masyarakat, pemerintah melalui anggaran rutin dan anggaran pembangunan,” ungkap Mendiknas di Jakarta, Senin (3/1).

Mendiknas menyebutkan, besaran biaya pendidikan  yang bersumber dari masyarakat mencapai Rp 5,25 juta, dari anggaran rutin Rp 6,24 juta, dan anggaran pembangunan Rp 7,2 juta. Namun, anggaran pendidikan tinggi di PTN tahun 2010 tidak bergerak secara signifikan. Besaran anggaran rutin menjadi Rp 6,8 triliun dari Rp 6,3 triliun, dan  pembiayaan melalui PNBP mencapai Rp 5,4 triliun dari sebelumnya Rp 5,3 triliun.

Sementara itu, besaran pembiayan  melalui anggaran pembangunan, lanjut Mendiknas, justru menunjukkan penurunan. Yakni yang semula berada di angka  Rp 7,3 triliun di  tahun 2009, saat ini  menjadi Rp 6,3 triliun.

JAKARTA--Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengakui biaya pendidikan tinggi saat ini semakin mahal. Berdasarkan data yang dimiliki Kemdiknas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News